Cara Mengatur Ukuran Microsoft Excel Tidak Terprint

Pekerjaan seorang guru memang sangat mulia, karena berbagai kegiatan telah di lakukan baik yang menyangkut pribadi atau pun yang berhubungan dengan sekolah. Salah satu yang paling penting adalah pekerjaan mengolah nilai siswa, baik nilai UTS, UAS dan UKK adalah nilai yang mesti di oleh menjadi nilai Rapot dan mencari nilai tertinggi sampai nilai terendah.

Dalam mengolah nilai-inilah kadang kala kita sebagai guru untuk mecetak (print) hasil pekerjaan, walapun keseharian memapakai komputer atau laptop tetap saja pemaikaian microsoft office ataupun microsof excel ini belum memahami, Berbagai icon menu untuk di tampilkan dan mengaturnya supaya hasilnya maksimal.

Setiap mengolah data nilai siswa yang tentunya kita memakai microsof excel, karean dengan microsoft excel ini dalam penggunaanya bisa menjumlahkan nilai secara manual ataupun secara otomatis. Tergantung sejauh mana kita memahami akan microsoft excel itu.

Akan tetapi saya tidak akan membahas mengenai penjumlahan secara langsung dengan microsoft excel, di sini dan kesempatan ini saya akan memberikan tutorial sedikit mengenai cara mengatur ukuran hasil print yang tidak terbawa (cetak) oleh printer.

Simak selangkapnya di sini,...
Buku dahulu microsoft excel yang akan kita print, saya di sini sebagai contoh mengolah nilai siswa Legger.
Perhatikan Gambar di bawah ini.


Perhatikan ada anak panah dan kolom kotak warna merah. Itu adalah batas ukuran kertas legal dan ini artinya apa bila kita mau mencetak (print) hasil pekerjaan kita, maka tanda seperti itu tidak akan terbawa semua oleh mesin cetak printer.

Lalu bagaimana supaya hasil olah data nilai itu bisa dicetak? Secara sederhana saja saya akan berikan tutorialnya. karena sudah banyak dan lebih master dalam pengguasaan mircrosoft excel.
1. Masih dalam keadaa terbuka microsoft excelnya..


Perhatikan gambar yang di tunjukan oleh anak panah, itu adalah untuk menampilkan bebrapa menu, di antaranya adalah menu untuk print cetak. Print yang di lingkari warna merah apabila kita klik maka akan terlihat gambar di samping.
Setelah pengklik icon print, selanjutnya klik yang ditunjuk oleh anak panah dan yang dilingkari "Print Preview" .
2. Ini adalah gambar dari hasil mengklik Print Preview.


Perhatikan kotak dimana posisi ukuran keretas dengan ukuran angka yang berbeda-beda. Di sini kita tinggal mengatur sesuai ke ingian kita, supaya hasil print cetak terbawa semua dengan ukuran legal.

2. Kalau sudah mengatur ukuran dari masing-masing posisi dari gambar diatas, maka hasinya seperti gambar di bawah ini.

Angka-angka pada masing-masing posisi yang kami atur adalah dengan angka Nol, kecuali posisi pada left kami memberi angka ukuran 1,3 supaya posisi kertas tidak terlalu menjorok keluar, Kalau sudah kita klik oke, dan hasilnya bisa di lihat di bawah ini.


Hasilnya bisa kita perhatikan yang di tujukan oleh ke dua anak panah dan yang di lingkari warna merah itu adalah posisi kertas akhir supaya bisa tercetak semua.

Sebagai Catatan : apa bila posisi kertas masih belum menjauh dari posisi yang di tunjukan anak panah, maka kita tinggal mengatur posisi masing-masing kolom dan merubah ukuran angka huruf sesuai ke inginan kita.

Sekian dan selamat mencoba, bagi bapak/ibu yang belum memahami dari tutorial Cara Mengatur Ukuran Microsoft Excel Tidak Terprint.

Terimakasih Semoga bermanfaat.
Cara Mengatur Ukuran Microsoft Excel Tidak Terprint merupakan Berkas File Sekolah yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan dan kebutuhan administrasi di sekolah, selain itu juga bisa digunakan sebagai bahan perbandingan atau suatu referensi sesuai dengan keperluan di sekolah kita. Lihat juga file-file yang masih perupakan perangkat administrasi guru dan sekolah yang bisa di download dibawah ini
Silahkan diunduh dan Bagikan.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara Mengatur Ukuran Microsoft Excel Tidak Terprint"

Posting Komentar