Anak Mau Masuk TK? Orang Tua Perhatikan ini

Menjelang akhir ajaran Semester di sejumlah sekolah sudah memulai menerima pemdaftaran untuk siswa baru, untuk jenjang sekolah dasar dan Taman Kanak-kanak.

Dengan memulainya untuk pendaftaran siswa baru, juga mempengaruhi siswa Taman Kanak-kanak, yang kami yang patut di garis bawahi secara garis besar untuk memasukan atau mensekolahkan anak usia dini banyak yang mencemaskan dan membuat orang tua bingung untuk mensekolahkan anak mereka.

Karena menurut informasi yang kami dapatkan pada tahun-tahun sebelumnya, bahwa anak untuk usia dini hanya di bolehkan masuk TK pada saat usia 5 tahun kurang 4 bulan. Namun Fakta di lapangan berbicara lain, bahwa anak-anak usia dini di jaman sekarang usia 4 tahun sudah bisa membaca dan menulis serta hafalannya kuat.

Inilah yang menjadi perhatian pemerintah untuk memperbaiki pendidikan usia dini, usia berapa yang pantas untuk anak agar bisa masuk TK/PAUD?

Dengan Memulainya sejumlah sekolah mencari siswa baru, terutama sekolah TK, dengan informasi kami dapatkan Kemendikbud telah mematok bahwa usia paling belia untuk masuk TK adalah dengan usia 4 Tahun.  Dan artinya orang tua tidak perlu resah untuk memasukkan anaknya ke pendidikan TK/PAUD di tahun 2016/2017.

Dimana Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD-Dikmas) Kemendikbud Wartanto menjelaskan, secara formal usia anak masuk TK kecil (A) adalah 4-5 tahun. Sedangkan untuk anak usia TK besar (B) adalah 5-6 tahun. “Aturannya memang seperti ini, tetapi tidak kaku,” katanya.

Artinya Kemendikbud tidak membatasi ketika ada anak yang usianya lebih kecil atau lebih besar, tetapi sudah masuk TK. Sebab menurutnya anak usia 0-6 tahun itu berhak mendapatkan pembelajaran yang tepat. Sebab usia tersebut adalah masa emas perkembangan manusia.

Bagi dia isu yang terpenting adalah metode mengajar guru di TK. Dia mengatakan meskipun anak usia masuk TK sesuai aturan, tetapi proses belajarnya salah, itu tidak baik. Jadi dia berharap orangtua menggali informasi sistem belajar di TK yang dituju.

“Yang jadi persoalan selama ini bukan usianya. Tetapi kecenderungan ada TK yang mengajarkan baca tulis. Itu tidak boleh,” kata dia.

Bahkan Wartanto mengatakan anak-anak usia TK itu belum kuat dan benar memenag pensil. Sehingga belum bisa diajak untuk belajar membaca dan menulis. Dia juga meminta para orangtua yang anaknya TK, tidak memaksanakan supaya anaknya bisa baca dan tulis.

Wartanto menuturkan Kemendikbud tidak bisa mengawasi satu persatu proses pembelajaran di TK maupun seleksi masuk di SD. Untuk itu dia berharap dinas pendidikan kabupaten dan kota ikut mengawasinya.

Aktivis anak Seto Mulyadi menuturkan TK adalah wahana anak untuk bermain. Dia menjelaskan salah satu indikasi TK yang baik adalah, TK yang menjadikan anak-anak nyaman bermain.

“Jangan sampai anak ogah masuk TK karena trauma pembelajarannya,” jelas dia.

Pria yang akrab disapa Kak Seto itu menjelaskan, usia memang menjadi faktor penting anak-anak untuk menerap ilmu. Namun bagi dia ketika TK benar-benar berfungsi sebagai taman, bukan sekolah, maka anak kecil pun akan bahagia berada di TK. 

Demikian informasi ini terkait dengan usia anak untuk masuk Sekolah TK/PAUD. Semoga bermanfaat terimkasih.
Sumber : Jpnn.com
Anak Mau Masuk TK? Orang Tua Perhatikan ini merupakan Berkas File Sekolah yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan dan kebutuhan administrasi di sekolah, selain itu juga bisa digunakan sebagai bahan perbandingan atau suatu referensi sesuai dengan keperluan di sekolah kita. Lihat juga file-file yang masih perupakan perangkat administrasi guru dan sekolah yang bisa di download dibawah ini
Silahkan diunduh dan Bagikan.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Anak Mau Masuk TK? Orang Tua Perhatikan ini"

Posting Komentar