Penyebab Smartphone Android Kalian Menjadi Semakin Lelet

 

Smartphone kalian menjadi semakin lemot ? Tahukah kalian apa penyebabnya, dan bagaimana cara mudah mengatasinya ? Bagaimana membuat Smartphone Android berjalan kencang ? Simak yuk disini !

Tak bisa dipungkiri, smartphone Android yang sering kita gunakan sehari-hari dapat mengalami penurunan performa seiring berjalannya waktu entah itu performa yang semakin lelet / lemot atau masa pakai baterai yang menurun. Hal tersebut wajar terjadi, baik itu smartphone, laptop atau apapun yang termasuk kedalam peralatan elektronik terutama yang kita gunakan sehari-hari secara berkesinambungan tentunya pasti mengalami penurunan kinerja serta performa. Baik itu secara kita sadari maupun tidak, tetapi hal tersebut memang berlaku.
penyebab smartphone android lelet

Ada banyak faktor yang menyebabkan penurunan performa sebuah benda / barang, dalam hal ini yang kita bicarakan adalah gadget yaitu smartphone dan tablet. Faktor tersebut antara lain adalah faktor waktu yang menyangkut usia gadget itu sendiri, karena semakin lama kita gunakan maka akan semakin berkurang "tenaganya". Untuk faktor yang pertama ini tidak mungkin kita hindari karena waktu dapat mendegradasi apapun di dunia tak terkecuali gadget.
Faktor kedua adalah penggunaan, yang ini bergantung pada kita sebagai pengguna. Sebuah gadget yang memiliki kualitas baik belum tentu dapat bertahan lama jikalau penggunaannya secara asal-asalan tanpa perawatan. Berlaku pula sebaliknya, gadget dengan kualitas biasa dapat bertahan lama jikalau kita perlakukan dan rawat dengan baik.
Faktor ketiga adalah faktor fisik dari gadget itu sendiri. Setiap barang konsumer dirancang untuk penggunaan selama jangka waktu tertentu sebagai masa pakainya. Perhitungan didasarkan pada penggunaan normal atau tidak berlebihan / eksploitatif, maka suatu barang dapat diperhitungkan untuk bertahan selama sekian waktu tertentu. Dan sesudah itu kinerja dan performa barang tersebut tidak dapat dijamin lagi, dan hal ini yang mendasari vendor sebuah gadget memberlakukan masa garansi.
cara mempercepat kinerja android

Itu adalah sekilas mengenai faktor yang mengakibatkan suatu barang dalam hal ini gadget mengalami penurunan kualitas dari waktu-ke waktu. Sementara pada smartphone Android yang kita gunakan sehari-hari, penurunan performa juga berlaku. Bayangkan saja dalam sehari, berapa jam smartphone Android kita pergunakan dan berapa jam smartphone kita beristirahat. Jika melihat jaman sekarang ini, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berinteraksi dengan smartphone. Maka wajar saja, smartphone Android yang kita gunakan semakin lelet serta daya baterai yang semakin cepat berkurang / habis.

Inilah Faktor-Faktor Penyebab Smartphone Android Kalian Menjadi Semakin Lelet / Lemot

Secara teknis, ada beberapa faktor yang membuat Smartphone Android kita semakin lemot. Disini kita akan membicarakan faktor yang kedua yaitu faktor penggunaan, dimana tergantung kita sendiri yang merawat dan menggunakannya.

Terlalu Banyak Aplikasi Yang Terinstal

Banyaknya aplikasi yang terinstal dalam smartphone Android dapat meyebabkan smartphone menjadi lelet. Tentu saja, setiap aplikasi yang terinstal membutuhkan ruang dalam memori baik itu memori internal, eksternal maupun RAM. Setiap aplikasi membutuhkan resource RAM untuk menjalankan prosesnya, jika kalian ingin mengetahuinya maka kalian bisa mendownload aplikasi yang dapat memantau setiap proses aplikasi semacam Process Explorer. Disana akan terlihat proses apa saja yang tengah berjalan, dan bahkan aplikasi yang kita instal dan tidak pernah kita gunakan lagi masih menjalankan proses serta memerlukan resource RAM. Hal ini juga yang mengakibatkan daya baterai smartphone Android menjadi cepat habis.
Solusi untuk masalah ini adalah hapus / uninstal aplikasi yang tidak perlu apalagi yang tak pernah kita pergunakan lagi. Karena semakin banyak aplikasi yang terinstal maka semakin berat kinerja hardware smartphone Android kita. Kehadiran aplikasi-aplikasi tersebut hanya akan memberatkan serta menghabiskan daya baterai. Jika kita menginginkannya di lain waktu, kita bisa menginstalnya lembali dengan mudah.

Terlalu Banyak File Yang Kita Simpan

Kalian tahu tidak, kalau setiap tipe file yang terdapat dalam smartphone kita memiliki 'file association' masing masing ? Contohnya adalah file-file musik semisal MP3(*.mp3) ataupun MP4 (*.mp4, *.aac, *.m4a, dll) yang diasosiasi oleh media player, terutama file yang memiliki thumbnail seperti video dan gambar (image). Jika kita memiliki file musik dalam jumlah banyak, maka pemutar musik kita akan memerlukan waktu lebih lama untuk melakukan update playlist. Begitu pula dengan file-file video dan file gambar, akan memrlukan waktu yang lebih lama untuk menampilkan thumbnail yang artinya kerja smartphone Android kita semakin berat.
Sebagai solusi, sebaiknya kita tidak menjejali smartphone Android kita dengan berbagai file apalagi file tersebut tidak pernah kita buka / pergunakan. Karena berdasarkan pengalaman, waktu pertama memiliki smartphone kita akan memasukkan file apa saja dalam jumlah banyak terutama musik dan video. Padahal kita hanya mengkoleksinya tanpa pernah memutarnya.

Terlalu Banyak Menginstal Font

Ini mungkin berlaku bagi kalian yang menyukai kustomisasi tema maupun olah grafis. Font / format huruf yang biasa dipergunakan dalam olah data digital memang diperlukan terutama untuk keperluan olah grafis. Tetapi terlalu banyak mengoleksi font juga malah membuat smartphone Android kita menjadi lemot. Coba saja bandingkan saat smartphone kita menggunakan font default dengan setelah kita menginstal banyak font. Akan sangan terasa bedanya terutama saat kita membuka aplikasi yang menggunakan resource font-font tersebut, aplikasi tersebut memerlukan waktu loading yang lebih lama.
Solusinya hapuslah font yang tidak perlu. Jika tidak bisa menghapusnya secara manual, kalian bisa menggunakan aplikasi pengelolaan font pada smartphone Android.

Antivirus Lebih Dari Satu

Apakah kalian termasuk pengguna smartphone yang paranoid ? Takut jikalau smartphone kalian kemasukan firus dan menginfeksi sistem Android kalian ? Biasanya jika kita mengalami hal semacam itu kita akan mengambil cara dengan menginstal antivirus berbagai merk. Kalian tahu tidak, antivirus terutama yang disertai dengan fitur 'realtime protection' merupakan aplikasi pengguna resource memori paling besar karena terus memantau aktivitas file-file yang berada pada smartphone Android kalian. Artinya, memori kita tersita hanya dengan satu antivirus saja, apalagi kalau lebih dari satu ?
Solusinya pilih salahsatu antivirus yang kalian percaya memiliki performa terbaik dan lakukan update secara berkala. Perlindungan yang baik dari serangan virus bukanlah dari banyaknya antivirus yang terpasang melainkan dari antivirus yang selalu terupdate.

File Sampah Menumpuk

File temporer adalah salahsatu file sampah merupakan file-file yang dipergunakan oleh sistem Android selama kita menggunakannya. File-file tersebut meliputi file-file user, file-file yang sudah dihapus namun masih menumpuk di memori serta file-file setting dan semacamnya. Semakin lama kita menggunakan sebuah sistem operasi maka file-file tersebut akan semakin menumpuk dan smartphone Android kita semakin lelet.
Solusinya gunakanlah aplikasi pembersih sistem semisal CCleaner yang dapat membersihkan file-file temporary sehingga sistem dapat berjalan lebih ringan dan cepat.

Pesan Singkat Menumpuk

Terkadang saya sendiri juga mengalami hal ini, dimana pesan singkat (SMS) dan pesan-pesan multimedia yang menyertakan lampiran menumpuk setelah tanpa sadar dibiarkan dalam waktu lama. Memang sepele, dan karena itu terkadang kita lupa untuk menghapusnya dan tersadar ketika jumlahnya telah mencapai ribuan. Dampaknya, sedikit banyak tentu berpengaruh terhadap sistem Android kita.

Solusinya pasti kalian sudah pada tahu, hapus semua pesan singkat yang dianggap sudah tidak diperlukan (kadang kita memerlukan sebagai arsip). Untuk mempermudah, gunakan meneger pesan singkat yang banyak tersedia gi Google Play.

File Cache Menumpuk

File cache merupakan file temporer yang digunakan oleh sebuah aplikasi selama aplikasi tersebut bekerja. File cache bisa diibaratkan rekaman jejak seorang pengguna dalam menggunakan sebuah program. File ini menyimpan data seperti aktifitas terakhir, dan tindakan apa saja yang dilakukan termasuk melakukan backup otomatis. Contohnya pada browser, kita dapat mengetahui history serta preferensi situs yang dikunjungi dari file cache, pengguna expert dapat memanfaatkan file cache untuk melakukan tindakan mata-mata dengan tujuan tertentu. File cache yang menumpuk berperan dalam kinerja smartphone Android kita, dimana semakin menumpuk maka kinerja smartphone semakin berat.
Solusi seperti pada poin sebelumnya, kita dapat menyapu file cache menggunakan CCleaner atau program pembersih semacamnya dengan mudah.

File Sistem Log Menumpuk

Sistem log adalah rekaman mengenai aktifitas yang dialami dan dilakukan oleh sebuah sistem operasi. Biasanya file ini berbentuk file teks terbuka yang dapat dibuka oleh pengolah teks konvensional. File ini berisi catatan mengenai proses yang berlangsung dalam sebuah sistem operasi seperti menginstal dan uninstal aplikasi tertentu, pegubahan setting, sistem error bahkan sampai aktifitas yang disebabkan oleh infeksi virus. File ini dapat mencapai puluhan MB bahkan GB jika kita biarkan dalah waktu lama, tergantung seberapa banyak proses yang berjalan dalam sebuah sistem operasi.
Solusinya sama dengan poin diatas, gunakan aplikasi pembersih sistem untuk membersihkan file event log dengan mudah.

Tema Tidak Sesuai

Kalian suka berganti-ganti tema ? Memang tidak ada salahnya, namun terkadang ada beberapa tema yang memerlukan resource memori yang besar. Biasanya tema yang meiliki screensaver serta wallpaper yang 'hidup' memakan lebih banyak resource RAM serta aktifitas CPU meningkat. Termasuk penggunaan font pada tem yang tidak sesuai malah menyebabkab smartphone Android kita menjadi lelet.
Solusinya gunakanlah tema yang simpel namun stylish sehingga smartphone Android kita dapat berjalan 'kencang'. Namun jika kalian adalah penyuka theme yang 'nyeleneh' maka pilihlah tema yang sekiranya tidak memberatkan dengan cara membandingkannya satu sama lain.

Penggunaan Berlebihan

Ini adalah penyebab paling buruk yang mengakibatkan performa smartphone Android kita menjadi lelet bahkan lebih buruk lagi. Penggunaan berlebihan disini maksudnya penggunaan diluar pengetahuan kita dan diluar kemampuan smartphone itu sendiri. Misalnya jika kita senang melakukan tweaking maupun overclocking, sebaiknya lakukan dengan batasan. Atau jika kita belum memiliki pengetahuan yang cukup sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan karena hal-hal semacam itu memerlukan keahlian expert. Terkecuali kita sudah mengetahui sejauh mana kemungkinan terburuk dan siap dengan konsekuensinya, karena sang ahli di bidang tweaking dan overclocking juga pasti pernah mengalami trial dan error.
Saran saya gunakanlah smartphone Android kalian dengan bijak, dalam artian setidaknya kita tahu dengan tindakan yang kita ambil. Jika kita belum mengetahui mengenai seluk-beluk teknis maka sebaiknya kita tidak melakukan  hal-hal yang dapat mengakibatkan malfungsi.

Perawatan Buruk

Salah perawatan juga merupakan faktor penyebab smartphone Android kita menjadi lelet, bahkan hal tersebut dapat memperpendek umur / masa pakai smartphone. Perawatan buruk tak selamanya kita sadari, seperti penggunaan smartphone Android sampai menguras baterai dan tidak segera dicharge. Jika kita tidak memiliki powerbank, sebaiknya kita tidak menggunakan smartphone sampai daya baterainya benar-benar habis, karena hal tersebut dapat memperpendek masa pakai baterai dengan cepat.
Perhatikan pula lingkungan, dimana kelembaban dapat mempengaruhi smartphone / gadget lainnya termasuk semua perangkat elektronik. Peralatan elektronik dirancang untuk bekerja pada suhu dan kelembaban tertentu, maka hindarilah suhu dan kelembaban tinggi. Faktor ini memegang peranan penting dan sering kali dicantumkan dalam buku panduan / petunjuk manual namun kebanyakan pengguna mengabaikan dan tidak menyadarinya.
Secara teknis, performa dan kinerja smartphone Android kita maupun gadget lainnya akan mengalami penurunan seiring berjalannya waktu dengan kata lain semakin lelet dan semakin menurun kualitasnya. Namun, dengan perawatan dan penggunaan yang sesuai prosedur diharapkan proses tersebut dapat ditunda setidaknya tidak dipercepat. Keuntungan yang bisa kita ambil adalah performa smartphone Android / gadget kita dapat konsisten, masa pakai yang lebih lama serta secara tidak langsung kita sudah menerapkan pola hidup hemat. Semoga bermanfaat ya sobat :)

Terimkasih, semoga bermanfaat dan membatu anda yang sudah membaca infotutrial dari saya.
jangan lupa bantu like, share dan G+1 nya.

 

Penyebab Smartphone Android Kalian Menjadi Semakin Lelet merupakan Berkas File Sekolah yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan dan kebutuhan administrasi di sekolah, selain itu juga bisa digunakan sebagai bahan perbandingan atau suatu referensi sesuai dengan keperluan di sekolah kita. Lihat juga file-file yang masih perupakan perangkat administrasi guru dan sekolah yang bisa di download dibawah ini:
Silahkan diunduh dan Bagikan.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Penyebab Smartphone Android Kalian Menjadi Semakin Lelet"

Posting Komentar