Cara Mudah Root Smartphone Android Lollipop Tanpa Komputer

Cara Mudah Root SmartPhone Android Lollipop Tanpa Komputer atau laptop
Root Lollipop tanpa PC ? Tenang saja, ada aplikasi khusus yang memungkinkan kalian root Android Lollipop tanpa PC, ya, Framaroot. Dengan Framaroot apk, cara root Android Lollipop menjadi semakin mudah lho, cuma beberapa klik, beres. Simak yuk !

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara Root Android device menggunakan Kingo Andorid Root dengan bantuan PC / laptop. Banyak kawan yang bertanya apakah ada cara mudah root Android tanpa komputer / PC ? Dulu saya memang pernah menjajal rooting smartphone Android menggunakan Framaroot yang bisa didownload langsung dari Google Play, namun setelah di cek and ricek ternyata aplikasi tersebut sudah tidak tersedia.
Penasaran dengan apa yang terjadi, saya mencoba mengakses website Framaroot di http://framaroot.net dan ternyata disana mengharuskan survey terlebih dahulu, dan mungkin ini yang menyebabkan Framaroot hilang dari Google Play. Setelah googling, akhirnya ketemu website http://www.framaroot.org dan disana terdapat beragam versi device yang berbeda. Versi disesuaikan dengan tipe smartphone yang kita pakai. Saya tidak tahu yang mana website Framaroot yang resmi namun sejauh ini aplikasi yang saya download berjalan baik. Untuk mendapatkan Framaroot dari sumber lain silahkan kalian googling.
Cara Root Android Lollipop
Sebenarnya ada beberapa cara berbeda untuk melakukan root smartphone Android Lollipop dari mulai menggunakan bantuan komputer maupun secara langsung dari device Android itu sendiri. Namun berdasarkan survey kecil-kecilan, penggunaan Framaroot memang masih menjadi pilihan terbanyak. Kemudahan penggunaan aplikasi inilah yang mungkin menjadi pilihan para pengguna.
Dan untuk melakukan rooting via PC / komputer, ada beberapa kelemahan yang kurang disukai pengguna. Diantaranya adalah proses yang ribet seperti harus mendownload file yang relatif besar dibanding dengan Framaroot dan menginstalnya pada PC. Sementara aplikasi tersebut hanya digunakan sekali saja, terkecuali jika kita merupakan seorang developer maka proses rooting melalui PC / komputer memang lebih cepat, instal sekali untuk penggunaan tak terbatas dan tidak perlu menginstal aplikasi rooting di setiap device.
Kembali ke topik utama kita, kali ini kita akan mencoba melakukan rooting smartphone Android tanpa bantuan komputer yaitu menggunakan aplikasi rooting Framaroot. Sebenarnya bagaimanapun metode untuk melakukan rooting, prosedurnya tetpa sama yaitu menginstal SuperUser atau SuperSU yang mengizinkan akses penuh terhadap sistem Android. Dengan begitu, pengubahan apapun diizinkan tanpa restrict sama sekali dan konsekuensinya ditanggung oleh pengguna termasuk kerusakan yang mungkin terjadi.

Cara Mudah Root Smartphone Android Tanpa Komputer Menggunakan Framaroot

Untuk dapat melakukan root pada smartphone / tablet Android menggunakan Framaroot, kita perlu mendownload aplikasi Framaroot dulu tentunya. Karena aplikasi ini sudah tidak tersedia di Google Play maka kita harus mencari sumber lain. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kita bisa mengunjungi website Framaroot atau melalui website berbagi aplikasi gratis. Mari kita bahas langkah-langkahnya.

Download Framaroot

Download Framaroot dari http://www.framaroot.org atau forum xda-developer di http://www.xda-developers.com. Disana banyak yang membahas mengenai cara root smartphone Android tanpa bantuan komputer.

Install dan Jalankan Framaroot

Instal pada device kalian (smartphone / tablet) kemudian jalankan aplikasi Framaroot.
  1. Instal Superuser atau SuperSU
  2. Setelah aplikasi Framaroot berjalan, disana disediakan pilihan pada opsi drop-down yaitu Instal Superuser, SuperSU dan Unroot.
  3. Pilih antara Superuser atau SuperSU.
  4. Misalkan kita memilih Superuser, disana akan muncul beberapa opsi karakter exploit yang merupakan karakter seperti yang terdapat dalam film Lord of The Ring. Pilih salah satu.
  5. Jika muncul notifikasi "Success :-) Superuser and su binary installed. You have to reboot your device" berarti proses rooting berjalan sukses dan berhasil dan kalian harus melakukan reboot terlebih dahulu untuk menyimpan perubahan. Sedangkan jika proses gagal, ulangi pada langkah sebelumnya dan pilih karakter exploit yang berbeda.
Cara Root Android Lollipop

Root Checker Mengecek Status Rooting

Untuk memastikan apakah proses rooting yang kita lakukan berjalan sukses atau tidak, kita bisa menggunakan aplikasi root checker yang banyak tersedia di Google Play. Salah satunya yaitu Root Checker yang merupakan aplikasi gratisan (ad supported) dan dapat kita unduh secara gratis.
Cara Root Android Lollipop
status root pada Android KitKat
Download Root Checker dan instal pada smartphone kalian. Jalankan Root Checker dan lihat status smartphone / tablet, jika status root akses sudah terinstal dengan baik maka kalian dapat menjadi developer Android melalui root akses.

Cara Melakukan Unroot

Setelah melakukan proses rooting, mungkin kalian ingin mengembalikan smartphone / tablet pada settingan semula sebelum proses rooting. Walaupun sebenarnya jejak rooting takkan hilang meskipun telah di unroot. Untuk melakukan proses unroot, berikut langkahnya.
  1. Jalankan kembali aplikasi framaroot
  2. Pada menu "Select an action to execute after root", pilih opsi "unroot"
  3. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai dan android kalian akan kembali seperti semula setelah melakukan restart
Proses root dan unroot smartphone Android memang terbilang sangat gampang / mudah dilakukan dan dapat dijalankan oleh siapa saja dengan mudah walaupun tanpa bantuan komputer / PC sekalipun. Bagaimanapun, proses unroot tidak akan mengembalikan kondisi gadget kalian ke keadaan semula secara 100%, dan klaim garansi yang hilang akibat proses rooting tidak akan bisa dipulihkan.
Pergunakanlah gadget kalian dengan bijak, jika hanya ingin mencoba otak-atik smartphone / tablet sebaiknya batalkan keinginan tersebut apalagi proses ini dapat membatalkan perjanjian garansi gadget kalian. Semoga bermanfaat.

 

Silahkan diunduh dan Bagikan ke orang lain!!

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara Mudah Root Smartphone Android Lollipop Tanpa Komputer "

Posting Komentar